Friday, February 28, 2014

Semester pertama di Oldenburg

Kini aku mulai berkarya di kota Oldenburg, di Jerman (wiki: en,de,id). Kota ini terletak di Sachsen Hilir atau Niedersachsen atau Lower Saxony (wiki: en,de,id), yang sebelah Barat, dekat Laut Utara. Sebagian nenek moyang orang Oldenburg adalah pelaut Hanseatic. Mereka berdagang dengan Hansa Cog (Hansa Kogge), suatu kapal kecil. Zaman dahulu, daerah ini adalah daerah Frisian. Sebagian daerah Frisian menjadi wilayah Belanda, kemudian susu di sana menjadi susu Frisian Flag. Sebagian lain, menjadi wilayah Jerman, kemudian susu di sini menjadi Oldenburg Milk. Apapun susunya, semua berasal dari ibu. Dalam hal ini, ibu sapi.
Mengapa aku jadi membicarakan susu?

Kembali ke topik. Aku berada di Oldenburg karena terdaftar menjadi mahasiswa di Carl von Ossietzky Universität Oldenburg, disingkat Uni Oldenburg (wiki: en,de). Berhubung aku masih bingung dengan sistem penerimaan mahasiswa doktoral di suatu graduate school di Uni Oldenburg ditambah pegawai administrasi bilang kalau fakultasku belum dibuka, mereka memberi surat/kartu pelajar (Immatrikulationbeschenigung) yang menyebut aku mahasiswa psikologi. Berikutnya aku dapat kartu bertuliskan "Neurosensory Science and Systems".

Walau aku tercatat sebagai mahasiswa psikologi di Uni Oldenburg, aku berkantor di Jade Hochschule Oldenburg (wiki: en,de,de). Di Jerman, Hochschule itu "university of applied science" atau Sekolah Tinggi. Di sana aku bereksperimen dengan sinyal otak (EEG), robot, dll untuk studi doktoralku. Bulan-bulan ke depan, aku juga akan sering meneliti di Fraunhofer IDMT di Oldenburg (wiki: de). Pembimbing utamaku berkantor di Jade HS Oldenburg dan Fraunhofer IDMT. Karena posisinya gaib, sulit ditebak di mana, jadi Profesorku ini membuatku menjadi sama-sama makhluk gaib yang harus bisa berpindah-pindah tempat. Oh, ya, kadang ada kegiatanku di Uni Bremen, AWI di Bremerhaven, IAS di Delmenhorst, dll jadinya mobilitas gaib adalah bagian dari ngélmu.

Kini terjawab sudah mengapa aku membuat blog tentang Niedersachsen, sesuai janjiku pada posting sebelumnya: Mukadimah.

Sekarang kembali pada perjuangan doktoral.
Darah Juang!


Oldenburg, 28 Februari 2014

iscab.saptocondro

No comments:

Post a Comment